Selasa, 02 Februari 2010

gara-gara bu Mala ..

okey okey .. gue akuin post kali ini terinspirasi oleh salah satu temennya superman yang tadi malem komenin status gue. namanya bang BP. orangnya baik, samalah kaya si superman. yang menarik, gue suka banget (like this!) sama statusnya pagi ini ..dirimu dan diriku bertemu ditengah tembok perbedaan (maap ya bang kalo salah)..perbedaan adalah hal yang sulit banget buat kita hindari, pasalnya, Tuhan aja nyiptain kita berbeda-beda. dan coba liat simbol NKRI, Garuda Pancasila, yang bawahnya ada tulisan Bhinneka Tunggal Ika. it means : berbeda-beda tapi tetap satu jua. apa intinya? semua yang dihidup kita itu beda. pluralisme. tapi gimana cara kita buat mempersatukan perbedaan? ada banyak cara koq. contohnya asimilasi. hem, bahasa gampangnya.. lo tau ga, budaya Betawi itu adalah suku yang memiliki banyak percampuran. di dalam budaya Betawi tadi, ada budaya Cina, Sunda, dan Arab yang mereka adaptasi. jadi, sebuah kebudayaan itu diciptakan dan untuk membuat perbedaan..

(eittsss, koq gue jadi kaya bu Mala deh??)

well.. sebenernya, gue merindukan sebuah perbedaan. atau mencintai perbedaan ya? ya whateverlah.. perbedaan memang bisa dianggap memecahkan atau mengotak-kotakan sebuah aliran, suku, bangsa, budaya atau malah agama. dan yaaaa.. sebenernya gue ga suka perbedaan koq. gue membayangkan sebuah negeri dimana semua orang itu SAMA. punya hobi yang sama, suku yang sama, budaya yang sama dan agama yang sama. gampang kan? pasti ga akan ada yang membahas atau mempermasalahkan sebuah perbedaan. dalam bayangan gue, mungkin semua orang bisa lebih baik dalam jalani hidup ini.. mungkin matahari masih bisa lebih terang daripada hari ini.. dan jika semua orang SAMA, kesalahan diumpamakan hitam ; kebenaran diumpamakan putih, mungkin kita semua hitam atau kita semua putih. tergantung kesamaan itu tadi. enak kan?

tapi, seperti diawal gue bilang. gue rindu sebuah perbedaan, dan malah mencintai perbedaan. segalanya, aliran, suku, bangsa, budaya dan agama, itu yang bikin kita bersatu kan? bagaimana cara kita mempertahankan dan bagaimana cara kita menghargai setiap perbedaan di hidup kita.. buat gue, perbedaan itu sebenarnya indaaaaah banget. dari perbedaan yang fisik banget (yang bisa diliat), seperti tinggi, pendek, gendut, kurus, putih, hitam, cantik, jelek.. orang tinggi diciptakan untuk membantu yang pendek. orang gendut diciptakan untuk membantu si kurus. si putih diciptakan untuk mengimbangi si hitam. dan si cantik diciptakan untuk membuat si jelek menarik. percaya ga? saya percaya loh.. atau perbedaan lain..

okey okey.. menurut gue, perbedaan yang paling sulit gue tangani adalah perbedaan perilaku, perbedaan suku, dan perbedaan agama. itu suliiiiiiiiiiiiiiiit banget, gue akui. beda perilaku gue artiin seperti perbedaan minat yaa.. seperti.. lo suka fotografi, sementara cowok lo suka musik. atau, lo suka film romantis, tapi cowok lo suka film action. lo suka kerispatih, tapi cowok lo suka Radiohead (okey, ini curcol).. beda banget kan? kalo perbedaan suku seperti.. lo dari suku Jawa yang menganut paham Patrilinial (garis keturunan bapak) sementara cowok lo dari suku Minang yang menganut Matrilinial (garis keturunan ibu).. ya, yang ini gue ga curhat, soalnya yang kelihatan berbeda emang kedua suku ini.. dan perbedaan agam, tentunya semua udah ngerti, dan Alhamdulillah gue ga ngalamin..

pebedaan minat, im officially think, solusinya adalah. TENGGANG RASA. kita sama-sama saling mencoba mendengar, merasakan, dan melihat. seperti gue. sekarang gue jadi suka Radiohead koq. ternyata lagunya meaningfull banget, walaupun si gebetan gue sama sekali ga suka kerispatih. tapi gue yakin tar juga dia kena getahnya koq.

perbedaan suku.. aduh sulit yaa.. Matrilinial, atau garis keturunan ibu means warisan, harta pusaka itu dipegang sama anak perempewi. biasanya, mereka dijodohkan dengan yang satu suku supaya harta pusaka itu ga hilang. kaya marga gitu juga sih kalo gue ga salah inget.. yah, gue belum mau kawin besok, jadi gue sendiri menghadapinya dengan TENGGANG RASA lagi..

perbedaan agama.. hem hem hem.. ini dia tembok yang kita ga bisa tabrak kan?

well, ada yang mau saran di post gue ini? silahkan komen ya!

~deduuutttsss

1 komentar:

  1. ddut .. saya ingat kata guru fisika saya tepatnya pak panijan, kira2 seperti ini, " Kita memang berbeda - beda, semua orang memang berbeda tapi tenang aja, kebenaran itu satu."

    BalasHapus